a little story about this live,

a story about experiences,

the path of my story

17 November 2008

99 Nama Indah Allah

Bismillahirahmanirahiim.

Kawan...
Allah itu Maha Maha, apa yang ada pada-Nya itu tidaklah sama dengan apa yang ada pada hamba-Nya.
Allah itu memiliki nama-nama yang indah, nama yang dimana kalau kita berdo'a dengan memuji-Nya maka Allah akan mengabulkan do'a kita.
Sebenarnya nama-nama tersebut bila kita hitung jumlahnya lebih dari 99, karena setiap kita pasti memiliki nama curhat sama Allah yang paling baik menurut kita. Nama-nama dibawah ini adalah 99 nama yang umum yang saya rangkum dari berbagai sumber berikut beserta maknanya.
atau bisa juga download versi .pdf nya di akhir postingan ini (paling bawah ^_^ )

99 Nama Indah Allah tersebut ialah :

01.   ALLAH - Dia-lah yang menciptakan segalanya. Dia-lah yang wajib dipuji, yang benar – benar berkuasa diatas segalanya. Ya Allah - “Ya Allah” apabila dizikirkan setiap malam sebanyak 500 kali, terlebih lagi waktu larut malam setelah menjalankan shalat sunat dua rakaat ( shalat Hajat atau shalat Tahajjud ), maka akan berpengaruh besar untuk terkabulnya semua yang dihajatkan.


 02.  Maha Pengasih  - Dia-lah yang Maha Pengasih kepada seluruh makhluk-Nya dengan memberi rahmat kepada seluruh umat, baik yang beriman maupun yang masih kafir. Ar Rahman - “Ya Rahman” apabila dizikirkan sesudah solat 5 waktu sebanyak 500 kali, maka hati kita akan menjadi terang, tenang, dan sifat – sifat pelupa dan gugup akan hilang dengan izin Allah SWT. 

03.  Maha Penyayang - Dia-lah yang Maha Penyayang kepada hamba-Nya yang beriman. Dia-lah yang memberi rahmat yang besar yang tidak dapat dinilai dengan harta benda dan kenikmatan apapun di dunia. Ar Rahiim - “Ya Rahiim” apabila dizikirkan sebanyak 100 kali setiap hari, Insya Allah akan kita akan mempunyai daya penarik yang besar sekali sehingga manusia merasa cinta dan kasih serta sayang terhadap kita.

04. Maha Merajai - Dia-lah yang menguasai dan merajai segala – galanya yang ada di langit dan di bumi. Al Malik - “Ya-Malik” apabila dizikirkan sebanyak 121 kali setiap pagi atau setelah matahari terbit, segala pekerjaan akan mendatangkan berkat dan kekayaan yang diridhoi Allah SWT.

05. Maha Suci  - Dia-lah yang Maha Suci, yang bersih dari segala sifat kurang. Al Quddus - “Ya Quddus” apabila dizikirkan sebanyak 100 kali setiap pagi atau setelah terbit matahari, maka hati kita akan terjaga dari semua penyakit hati, seperti sombong, iri hati, dengki dan lain – lain.

06. Maha Penyelamat/Sejahtera - Dia-lah yang menyelamatkan seluruh alam, dan hanya Dia-lah yang Maha terjaga dari segala cacat dan kekurangan. As Salam - “Ya Salam” apabila dibiasakan membacanya setiap hari sebanyak 136 kali, Insya Allah jasmani dan rohani kita akan terjaga dari segal penyakit sehingga badan menjadi sehat dan segar.

07. Maha Pengaman  - Dia-lah yang mengamankan seluruh makhluk-Nya dan Dia pulalah yang mempercayai akan Rasul – Rasul-Nya. Al Mu’min - “Ya Mu’min” apabila dizikirkan sebanyak 136 kali, maka dengan izin dari Allah diri kita, keluarga kita dan segala kekayaan kita akan terpelihara dan aman dari segala gangguan.

08.  Maha Pemelihara - Dia-lah yang memelihara dan mengamati semua makhluk – makhluk-Nya dengan seteliti – telitinya. Al Muhaimin - “Ya Muhaimin” apabila dizikirkan sebanyak 145 kali sesudah shalat fardu Isyak, Insya Allah pikiran dan hati kita akan menjadi terang dan bersih sehingga kita dapat menghafal pelajaran.  

09. Maha Mulia/Perkasa - Dia-lah yang maha gagah perkasa, yang dapat mengalahkan siapapun termasuk memusnahkan seluruh alam semesta ini. Al Aziz - “Ya Aziz” apabila dizikirkan sebanyak 40 kali sesudah shalat subuh ( ada yang mengatakan dikerjakan selama 40 hari ) Insya Allah kita akan menjadi orang yang mulia, disegani orang karena penuh kewibawaan.

10.  Maha Menundukan - Dia-lah yang pemaksa, yang sanggup memaksa makhluk-Nya menuruti kehendak-Nya. Al Jabbar - “Ya Jabbar” apabila dizikirkan sebanyak 226 kali pagi dan sore hari, maka musuh akan tunduk dan patuh atas dengan izin Allah SWT.

11. Maha Megah/Besar - Dia-lah yang berhak mempunyai keagungan dan kesombongan. Al Mutakabbir
- “Ya Mutakabbir” apabila dizikirkan setiap hari sebanyak 662 kali, maka dengan kebijaksanaan bertindak, maka kita akan menundukan semua musuh, bahkan mereka akan menjadi pembantu yang setia.

12. Maha Pencipta - Dia-lah yang menciptakan segalanya. Dia-lah yang Maha Pencipta yang menciptakan segala sesuatu tanpa bantuan dan pertolongan. Al Khaliq - “Ya Khaliq” apabila dizikirkan setiap hari sebanyak yang dimampu atau sebanyak 731 kali, Insya Allah otak kita menjadi cerdas dan cepat tanggap (faham).

13. Maha Perancang  - Dia-lah yang merencanakan segala sesuatu sebelum terjadi. Dia-lah pelaksana segala kejadian yang telah direncanakan. Al Bari’ - Ya Bari’ Jika kita berada dalam kesukaran atau dalam keadaan sakit, bacalah sebanyak 100 kali selama 7 hari berturut – turut, Insya Allah kita akan terlepas dari kesukaran dan penyakit itu.

14.   Maha Membentuk Rupa - Dia-lah yang menciptakan segala bentuk dan rupa. Dia-lah yang menciptakan segala rupa makhluk-Nya, yang gagah, yang cantik, yang indah dan lain-lain. Al Musawwir - “Ya Musawwir” sekiranya istri belum mempunyai anak, berikhtiar dengan berpuasa selama 7 hari dari Ahad sampai Sabtu. Di waktu hendak berbuka puasa, ambil segelas air dan bacakan “Ya Musawwir” sebanyak 21 kali, kemudian diminum untuk berbuka. Bagi sang suami juga berbuat sama akan tetapi berpuasa hanya 3 hari kemudian pada waktu bersetubuh bacalah sebanyak 10 kali, Insya Allah dikaruniai anak shaleh.

15.  Maha Pengampun - Dia-lah yang memberi ampun kepada hamba – hamba-Nya yang mau bertobat dengan sungguh – sungguh walaupun dosa nya telah bertumpuk – tumpuk. Al Ghaffar
- “Ya Ghaffar” sambil beri’tikaf (diam dalam masjid dalam keadaan suci) bacalah zikir ini sebanyak 100 kali sambil menunggu masuknya waktu shalat Jum’at, Insya Allah akan diampuni dosa – dosa kita.

16.   Maha Pemaksa - Dia-lah yang Maha Memaksa kepada makhluk-Nya apa yang dikehendaki. Al Qahhar - “Ya Qahhar” dizikirkan menurut kemampuan atau sebanyak 306 kali, maka hati kita akan dijaga dari ketamakkan dan kemewahan dunia, Insya Allah orang – orang yang selalu memusuhi kita akan sadardan tunduk akhirnya.

17.   Maha Pemberi Karunia - Dia-lah yang Maha Pemberi. Yang memberi kepada sekalian makhluk-Nya apabila diminta. Al Wahhab - “Ya Wahhab” dizikirkan sebanyak 300 kali sesudah shalat fardhu dan 100 kali selesai shalat tahajut 3 atau 7 hari berturut – turut. Bagi yang dalam kesempitan, Insya Allah segala kesulitan atau kesempitan dalam soal apapun akan hlang.

18.  Maha Pemberi Rezeki - Dia-lah Pemberi rezeki kepada semua makhluk-Nya untuk kebutuhan hidupnya. Dia pulalah yang menentukan banyak atau sedikiynya rezeki yang dibagikan kepada hamba-Nya. Ar Razzaq - ”Ya Razzaq” dizikirkan menurut kemampuan sesudah shalat fardhu khususnya shalat subuh, Insya Allah akan dipermudahkan rezeki yang halal dan membawa berkat. Rezeki akan dating tanpa diduga! Tetapi juga harus dengan Ikhtiar yang lahir ( usaha ).

19.   Maha Pembuka Rahmat - Dia-lah yang Maha Pembuka dan mencurahkan rahmat-Nya kepada semua makhluk-Nya. Al Fattah - “Ya Fattah” dizikirkan sebanyak 71 kali sesudah shalat subuh, Insya Allah hati kita akan dibuka oleh Allah, sehingga mudah menerima nasihat agama.

20.   Maha Mengetahui - Dia-lah yang Maha Mengetahui segalanya. Semua kejadian dan peristiwa di alam semesta ini diketahui oleh-Nya, sekalipun peristiwa jatuhnya daun, berjalannya semut, semua itu Allah mengetahui. Al’ Alim - “Ya’ Alim” dizikirkan “Yaa Alim” atau “Yaa Aallmu Qabi Wasyahaadah” sebanyak 100 kali setiap selesai shalat fardlhu, Insya Allah akan mendapat kemakfriatan ( hati yang sempurna ) dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

21.   Maha Penyempit Hidup - Dia-lah yang berkuasa untuk menyempitkan hidup dan menhurangi rezeki seseorang. Al Qabidh - “Ya Qabidh” apabila dizikirkan sebanyak 100 kali setiap hari, maka dirinya akan semakin dekat dengan Allah dan terlepas dari segala bentuk ancaman.

22.   Maha Pelapang Hidup - Dia-lah yang memberi kelapangan rezeki bagi makhluk-Nya. Inilah sebabnya banyak orang bodoh tapi kaya raya, sebaliknya orang yang cerdik pandai hidupnya selalu mlarat. Al Basith - “Ya Basith” bagi mereka yang berniaga atau mempunyai usaha lain, kuatkanlah usaha dan berniaga itu dengan memperbanyak zikir ini setiap hari, Insya Allah rezeki akan menjadi mudah dan lancar.

23.   Maha Merendahkan Derajat - Dia-lah yang menurunkan derajat seseorang menurut kehendak-Nya. Al Khafidh - “Ya Khafidh” dizikirkan sebanyak 500 kali setiap hari, dalam keadaan suci, khusyuk dan tawadhuk, Insya Allah segala maksud akan ditunaikan Allah. Apabila mempunyai musuh, musuh kita akan jatuh martabatnya.

24.   Maha Meninggikan Derajat - Dia-lah Zat yang meninggikan derajat seseorang yang dikehendaki. Ar Rafi’ - “Ya Rafi” dizikirkan setiap hari, baik siang atau malam sebanyak 70 kali, Insya Allah harta benda di rumah, di took atau ditempat lain akan terhindar dari kecurian.

25. Maha Memuliakan - Dia-lah Zat yang memberi kemuliaan, kekuatan dan kemenangan kepada seseorang. Al Mu’iz - “Ya Mu’iz” dizikirkan sebanyak 140 kali setiap hari Insya Allah akan memperoleh kewibawaan yang besar terutama ketua – ketua jabatan atau perniagaan.

26.   Maha Menghinakan - Dia-lah Zat yang merendahkan dan menghinakan kepada hamba-Nya. Al Mudzil - “Ya Mudzil” sekiranya ada seseorang yang berhutang kepada kita dan kita sukar memintanya, bacalah zikir ini setiap hari, sampai orang yang mempunyai tanggungan atau hutang itu sadar dan membayar hutangnya.

27.   Maha Mendengar - Dia-lah Zat yang Maha mendengar. Segala suara yang sangat lirih, yang keras, yang rahasia semua didengar oleh Allah. As Sami’ - “Ya Sami” sekiranya ingin doa kita terkabul dan pendengaran telinga kita biasakanlah zikir ini setiap hari menurut kemampuan, terlebih lagi sesudah shalat Dhuha, Insya Allah doa akan mustajab.

28.   Maha Melihat - Dia-lah Zat yang Maha melihat segala yang ada ini, baik yang besar, kecil, halus, jauh maupun dekat. Bagi Allah, semuanya dapat dilihat tanpa ada perbedaan sama sekali. Al Bashiir - “Ya Bashiir” dizikirkan sebanyak 100 kali sebelum shalat Jum’at, Insya Allah akan menjadi kita terang hati, cerdas otak dan selalu diberi taufik dan hidayah dari Allah.

29.   Maha Mengadili - Dia-lah Zat yang menetapkan segala hukum kepada makhluk-Nya. Al Hakam - “Ya Hakam” dizikirkan sebanyak 68 kali pada tengah malam dalam keadaan suci, Insya Allah dapat membuka hati seseorang itu dan mudah menerima ilmu.

30.   Maha Adil - Dia-lah Zat yang berlaku adil di dalam hukum dan ketetapan-Nya. Al ‘Adlu - “Ya ‘Adlu” dizikirkan sebanyak 104 kali setiap hari sesudah selesai shalat 5 waktu, Insya Allah diri kita akan dapat berlaku adil.

31.   Maha Lembut  - Dia-lah Zat yang mengasihi semua makhluk-Nya serta mengetahui semua perkara sampai sehalus – halusnya. Al Lathif - “Ya Lathif” dengan memperbanyak zikir ini menurut kemampuan, InsyAllah bagi para peniaga, ikhtiar ini akan menjadikan barang jualannya menjadi laris dan maju.

32.   Maha Waspada - Dia-lah Zat yang mengetahui segala perkara batin yang tersembunyi serta mengetahui hakikat dari segala perkara dan kejadian. Al Khabir - “Ya Khabir” dengan memperbanyak zikir ini setiap hari, terkandung fedah yang teramat banyak sekali sesuai dengan maksud zikir ini antara lain faedahnya ialah dapat bertemu dengan teman atau anak yang telah lama terpisah.

33.   Maha Penyantun - Dialah Zat yang Maha Penyantun dan Penyabar, termasuk terhadap orang yang paling dimurkai, namun telah kembali bertobat. Al Halim - “Ya Halim” dizikirkan sebanyak 88 kali selepas shalat lima waktu, bagi mereka yang mempunyai kedudukan di dalam pemerintahan, perushaan atau apa saja, InsyaAllah dipastikan kedudukannya tidak akan digeser, di ungkit – ungkit, atau tergugat oleh orang lain.

34.   Maha Agung - Dia-lah yang Maha Agung. Agung didalam segala Zat-Nya dan sifat - sifat-Nya. Tidak ada yang melebihi keagungan-Nya. Al ‘Azim - “Ya ‘Azim” dizikirkan sebanyak 12 kali setiap hari untuk orang yang sekian lama menderita sakit, InsyaAllah akan sembuh. Juga apabila dibaca 12 kali kemudian ditiupkan pada tangan lalu diusapkan ke seluruh badan maka dengan izin Allah akan terbebas dari gangguan jin, syaitondan sebagainya.

35.   Maha Pengampun - Dia-lah Zat yang Maha Pengampun. Yang memberi ampun kepada hamba-Nya yang mau bertobat dengan sebenar – benarnya, walaupun mereka mempunyai dosa yang bertumpuk – tumpuk. Al Ghafur - “Ya Ghafur” bagi orang yang bertaubat, hendaklah memperbayak zikir ini dengan mengakui dosa – dosa dan beri’tikad untuk tidak mengulangi nya, InsyaAllah akan diterima taubatnya oleh Allah.

36.   Maha Pembalas Budi - Dia-lah Zat yang sangat berterima kasih. Dia pasti membalas tiap pujian dan sanjungan atau ibadah manusia yang ditujukan kepada-Nya. Ash Syakur - “Ya Syakur” dizikirkan sebanyak 40 kali sehabis shalat hajat, sebagai pengucapan terima kasih kepada Allah, InsyaAllah semua hajat kita akan dimakbulkan oleh Allah. Bacalah setiap kali kita mempunyai hajat yang penting dan terdesak.

37.   Maha Tinggi - Dia-lah Zat yang Maha tinggi martabatnya. Al ‘Aliy - “Ya ‘Aliy” untuk mencerdaskan otak anak kita yang bebal, tulislah zikir ini sebanyak 110 kali (huruf arab) lalu direndam pada air dingin dan si anak disuruh meminum air dingin itu, InsyaAllah lama – kelamaan otak si anak itu akan cemerlang dan tidak dungu lagi.

38.   Maha Besar - Dia-lah Zat yang Besar. Al Kabir - “Ya Kabir” bagi seseorang yang kedudukannya telah dirampas atau digantikan gara – gara fitnah, maka bacalah zikir ini sebanyak 1.000 kali selama 7 hari berturut – turut dalam keadaan suci sebagai pengaduan kepada Allah. Lakukan setelah shalat malam (tahjjud atau hajat).

39.   Maha Penjaga - Dia-lah Zat yang melindungi serta memelihara. Melindungi semua makhluk-Nya dari kerusakan dan bahaya. Al Hafiz - “Ya Hafiz” dizikirkan sebanyak 99 kali, InsyaAllah diri kita akan terlindung dari binatang buas terutama bila kita berada di dalam hutan.

40.   Maha Memelihara - Dia-lah Zat yang menyediakan makanan dan minuman kepada makhluk-Nya tanpa terkecuali. Al Muqit - ¬“Ya Muqit” Sekiranya kita berada dalam kelaparan seperti tersesat dalam hutan atau dimana saja sehingga sukar mendapatkan bekal makanan, maka perbanyaklah zikir ini InsyaAllah badan kita menjadi segar dan bugar karena rasa lapar akan hilang.

41.   Maha Penghitung - Dia-lah Zat mencukupi dan mempehitungkan segala hal yang telah dicipitakan-Nya dengan seteliti – telitinya. Al Hasib - “Ya Hasib” Untuk memperteguhkan kedudukan yang telah kita jawat, bacalah zikir ini sebanyak 777 kali sebelum matahari dan selepas shalat Maghrib, InsyaAllah akan meneguhkan kedudukan kita tanpa satu pun gangguan.

42.   Maha Mulia - Dia-lah Zat yang Maha Agung dan Mulia. Aj Jalil - “Ya Jalil” Barang siapa yang mengamalkan zikir ini pada sepertiga malam yang terakhir, InsyaAllah kita akan mendapati perubahan yang mengagumkan. Seperti perniagaan maju, andai seorang pegawai maka tanpa disadari kedudukan kita akan lebih tinggi dan terhormat, begitulah seterusnya.

43.   Maha Pemurah  - Dia-lah Zat yang Maha Pemurah, yang memberi rezeki kepada semua makhluk-Nya, tak terkecuali apakah mereka kafir, berbuat maksiat atau lainnya. Al Karim
- “Ya Karim” Untuk mencapai derjat yang tinggi dan mulia di dunia maupun di akhirat kelak, maka amalkan zikir ini sebanyak 280 kali ketika hendak masuk tidur. Niscahya Allah akan mngangkat derajat mereka yang mengamalkan zikir ini.

44.   Maha Pengawas - Dia-lah Zat yang mengamati segala hal, sehingga tiada suatu kejadian pun yang terlepas dari pengamatan-Nya. Ar Raqib - “Ya Raqib” Bagi yang meminta pertolongan kepada Allah terhadap penjagaan barang yang di khawatirkan dan berada ditempat yang jauh dan sukar dijaga, agar terhindar dari kecurian atau gangguan lainnya. Bertawakal dan yakinlah kepada Allah, InsyaAllah

45.   Maha Mengabulkan - Dia-lah Zat yang menerima doa hamba – hamba-Nya. Al Mujib - “Ya Mujib” Zikirkan sebanyak 55 kali sesudah shalat subuh. InsyaAllah Allah akan mengabulkan doa kita.

46.   Maha Luas/Lapang - Dia-lah Zat yang Maha luas kekayaan-Nya sehingga sanggup memenuhi kebutuhan semua makhluk-Nya. Al Wasi - “Ya Wasi” Zikirkan apabila kita dalam kesulitan, sebanyak 128 kali setiap pagi dan petang, InsyaAllah semua kesulitan akan hilang berkat pertolongan Allah. Andai zikir ini senantiasa diamalkan, InsyaAllah Allah akan menjaga kita dari hasad dengki sesame makhluk.

47.   Maha Bijaksana - Dia-lah Zat yang Maha Bijaksana. Segala sesuatu Dia ciptakan bukan sia – sia, tetapi ada tujuan yang hanya Dia-lah yang mengetahui. Al Hakim - “Ya Hakim” Zikirkan sekurang - kurangnya 300 kali, bagi pelajar atau siapa saja yang memperbanyak zikir in setiap hari, InsyaAllah otaknya akan menjadi cerdas dan lancer menghafal dan mudah mengikuti pelajaran.

48.   Maha Mengasihi - Dia-lah Zat yang amat mencintai para Wali-Nya, yaitu orang yang menjadikan Allah sebagai tujuan hidupnya. Orang demikian inilah kekasih Allah. Al Wadud - “Ya Wadud” Amalkan zikir ini sebanyak 11.000 kali pada setiap malam. Insya Allah kita akan menjadi insan yang senantiasa bernasib baik, disayangi dan rumah tangga kita akan senantiasa berada didalam keadan harmonis.

49.   Maha Mulia - Dia-lah Zat yang amat Mulia dan Luhur. Al Majid - “Ya Majid” Untuk ketentraman keluarga dimana setiap anggota keluarga senantiasa menyayangi dan menghormati dan khasnya kita sebagai kepala keluarga, maka amalkan zikir ini sebanyak 99 kali, sesudah itu hembuskan ke kedua belah telapak tangan dan usap keseluruh muka. InsyaAllah semua anggota keluarga kita akan menyayangi dan menghormati kita sebagai ketua keluarga.

50.   Maha Membangkitkan  - Dia-lah Zat yang membangkitkan semua manusia yang telah mati untuk hidup kembali di akhirat kelak. Al Ba’its - “Ya Ba’its” Zikirkan sebanyak 100 kali dengan meletakkan kedua tangan di dada, InsyaAllah dengan jalan ini Allah akan memberi kelapangan dada dengan ilmu dan hikmah.

51.   Maha Menyaksikan - Dia-lah Zat yang menyaksikan, sehingga tak ada satu barang pun yang gaib bagi-Nya. As Syahid - “Ya Syahid” Apabila ada di kalangan keluarga kita yang suka membangkang dan sebagainya, maka zikirkan sebanyak 319 kali secara terus – menerus setiap malam sehingga si pembangkang akan sadar dan akan berubah perangainya.

52.   Maha Benar - Dia-lah Zat yang benar dan selalu bertindak benar. Al Haq - “Ya Haq” Perbanyak zikir ini, InsyaAllah ini sangat bermanfaat untuk menebalkan iman dan taat di dalam menjalankan perintah Allah.

53.   Maha Berserah/ Pentadbir - Dia-lah Zat yang melaksanakan segala urusan makhluk-Nya. Al Wakil - “Ya Wakil” Sekiranya terjadi hujan dan di sertai angin ribut atau terjadi gempa, maka perbanyaklah zikir ini, InsyaAllah bencana itu akan menjadi reda dan kembali seperti sediakala.

54.   Maha Kuat - Dia-lah Zat yang Maha kuat, tidak pernah merasa lemah. Al Qawiy - “Ya Qawiy” Amalkan zikir ini sebanyak mungkin agar kita tidak gentar apabila berhadapan dengan situasi yang kurang mendukung maupun berhadapan dengan orang zalim.

55.  Maha Sempurna/Kokoh - Dia-lah Zat yang maha sempurna kekuatan-Nya. Al Matin
- “Ya Matin” Amalkanlah zikir ini sebanyak mungkin karena memiliki fadhilat yang besar sekali, antaranya untuk mengembalikan kekuatan sehingga musuh gentar untuk mengganggu.

56.   Maha Penolong - Dia-lah Penolong dan Pengendali seluruh urusan makhluk-Nya. Al Waliy - “Ya Waliy” Barangsiapa menjawat seuatu kedudukan, maka amatlah elok sekali mengamalkan zikie ini sebanyak mungkin karena dengan izin Allahkedudukan kita akan kukuh dan terhindar dari gangguan oleh orang – orang yang bersifat dengki.

57.   Maha Terpuji - Dia-lah Zat yang berhak dipuji. Selain Dia tidaklah patut menerima pujian. Al Hamid
- “Ya Hamid” Perbanyaklah zikir ini sebagai pengakuan bahwa Allah sajalah yang paling berhak menerima segala pujian.

58.   Maha Menghitung - Dia-lah Zat yang memperhitungkan setiap amal perbuatan manusia untuk mendapat balasan yang setimpal dari amal perbuatan itu. Al Muhshi  - “Ya Muhshi” Sekiranya kita ingin diri kita digolongkan didalam pertolongan yang selalu dekat dengan Allah, maka amalkan zikir ini sebanyak mungkin sesudah shalat 5 waktu.

59.   Maha Memulai/Pemula - Dia-lah Zat memulai segala sesuatu dan pencipta dari segala yang asalnya tidak ada. Al Mubdi - “Ya Mubdi” Agar segala yang kita rencanakan akan berhasil, maka zikirkan sebanyak 470 kali setiap hari.

60.   Maha Mengembalikan - Dia-lah Zat yang mengulangi kejadian segala sesuatu yang sudah rusak atau lenyap. Al Mu’id - “Ya Mu’id” Andai ada anggota keluarga yang menghilang dan sebagainya, amalkan zikir ini sebanyak 124 kali setiap hari sesudah shalat. InsyaAllah akan dipertunjukan hasilnya.

61.   Maha Menghidupkan  - Dia-lah Zat yang memberikan kehidupan bagi makhluk-Nya. Al Muhyi
- “Ya Muhyi” Amalkan zikir ini sebanyak 58 kali setiap hari, InsyaAllah kita akan diberikan kemuliaan derajat dunia dan akhirat kelak.

62.   Maha Mematikan - Dia-lah Zat yang mematikan makhluk-Nya. Al Mumit - “Ya Mumit” Barangsiapa memperbanyak zikir ini, InsyaAllah akan dipermudahkan dalam perniagaan, berpolitik dan sebagainya.

63.   Maha Hidup - Dia-lah Zat yang Hidup yang tidak akan berakhir, kekal abadi. Al Hayyu - “Ya Hayyu” Untuk mencapai kekuatan mental/ batiniah didalam menjalani kehidupan, perbanyaklah zikir ini.

64.   Maha Berdiri Sendiri - Dia-lah Zat yang mengurus segala urusan makhluk-Nya. Al Qayyum - “Ya Qayyum” Telah berkata Imam Ghazali bahwa “barangsiapa yang ingin memperoleh harta yang banyak lagi berkat, ingin dikasihi setiap orang, ingin berwibawa, ditakuti musuh dan menjadi insan yang terhormat, maka berzikirlah dengan “Ya Hayyu Ya Qayyum” sebanyak 1.000 kali setiap malam atau siang hari”. Hendaklah melakukan secara terus – menerus, InsyaAllah akan tercapai segala hajat.

65.   Maha Menemukan - Dia-lah Zat yang mendapatkan apa saja yang Dia kehendaki. Al Wajid
- “Ya Wajid” Anda menginginkan mempunyai kepribadian yang kukuh, tidak mudah terpengaruh dan teguh pendirian, maka perbanyaklah zikir ini.

66.   Maha Mulia - Dia-lah Zat yang bersifat Agung dan Tinggi. Al Majid - “Ya Majid” Demi kecerdasan otak dan agar dipermudahkan hati dalam menerima pelajaran, maka hendaklah pelajar tersebut memperbanyak zikir ini setiap hari.
 
67.   Maha Tunggal - Dia-lah Zat yang Maha Esa, yang Maha Tunggal, dan tiada lainnya. Al Wahid
- “Ya Wahid” Bagi pasangan yang belum mempunyai anak dan teramat sangat ingin menimangnya, amalkan zikir ini sebanyak 190 kali setiap hari selesai menunaikan shalat 5 waktu selama satu bulan dan selama itu juga hendaklah berpuasa sunat senin dan kamis, InsyaAllah.

68.   Maha Esa - Dia-lah Zat yang satu, tidak beranak dan tidak diperanakkan. Al Ahad - “Ya Ahad” Apabila di zikirkan sebanyak 1000 kali terus – menerus (diulang – ulang ), maka menjadikan kita memperoleh rahasia – rahasia tertentu.

69.   Maha Dibutuhkan - Dia-lah Zat tempat memohon dan mengadu bagi hamba-Nya. As Samad - “Ya Samad” Ketika dalam kelaparan akibat sesat atau kesempitan hidup, maka mohonlah kepada Allah dengan zikir ini sebanyak mungkin,. InsyaAllah, diri akan berasa segar dan bugar.

70.   Maha Menentukan - Dia-lah Zat yang maha kuasa, yang sanggup melaksanakan apa saja tanpa tergantung kepada waktu dan keadaan. Al Qodir - “Ya Qodir” Apabila kita berhajatkan sesuatu akan tetapi selalu gagal, maka amalkanlah zikir ini sebanyak 305 kali setiap hari, InsyaAllah segala hajat akan berhasil.

71.   Maha Berkuasa - Dia-lah Zat yang memegang kekuasaan dari setiap orang yang mempunyai kekuasaan. Al Muqtadir - “Ya Muqtadir” Agar tercapai tujuan yang dikehendaki, selain dari berikhtiar secara lahiriah, maka amalkan zikir ini semampu kita sehingga ikhtiar itu berhasil karena zikir ini mempercepat keberhasilan hajat kita.

72.   Maha Mendahulukan - Dia-lah Zat yang mendahulukan sesuatu di atas lainnya. Al Muqaddim - “Ya Muqaddim” Menurut Imam Ahmad bin Ali Al-Buuniy, beliau berkata “Barangsiapa berzikir dengan zikir ini sebanyak 184 kali setiap hari, InsyaAllah, niscahya segala usahanya akan berhail.”

73.   Maha Mengakhiri - Dia-lah Zat yang mengakhirkan sesuatu di atas lainnya. Al Muakhkhir - “Ya Muakhkhir” Untuk meningikan lagi ketaatan kita kepada Allah, perbanyaklah zikir ini.

74.   Maha Pemulaan - Dia-lah Zat yang tiada berawal. Dia pulalah permulaan dari segala wujud. Al Awwal - “Ya Awwal” Barangsiapa yang mengamalkan zikir ini sebanyak 37 kali, maka segala hajatnya akan diperkenankan oleh Allah.

75.   Maha Penghabisan - Dia-lah Zat yang yang tiada berakhir. Tiada berakhir Zat dan wujud-Nya. Al Akhir - “Ya Akhir” Zikirkan sebanyak 200 kali ssesudah shalat 5 waktu selama satu bulan, InsyaAllah Allah akan membukakan pintu rezeki yang halal.

76.   Maha Nyata - Dia-lah Zat yang amat nyata, nyata tanda – tanda-Nya dengan membuat alam serta isinya tanpa meniru. Azh Zhahir - “Ya Zhahir” Amalkan zikir ini sebanyak 1.106 kali sesudah shalat waktu ditempat yang sepi (khalwat), niscahya Allah akan membuka hijab padanya dari segala rahasia yang pelik dan sukar serta diberi kefahaman ilmu.

77. Maha Tersembunyi - Dia-lah Zat yang gaib, tak mungkin diketahui unur-Nya. Al Bathinu - “Ya Bathinu” Apabila dizikirkan 30 kali sehabis shalat fardhu, insya Allah, Allah akan member pemahaman segala rahasia yang sukar diketahui ( sama seperti Azh zhahir ).

78. Maha Memerintah - Dia-lah Zat yang mengetahui segala urusan makhluk-Nya. Al Waliy - “Ya Muakhkhir” Perbanyaklah membaca dzikir ini setiap pagi dan petang sehingga, menyebabkan kita menjadi orang yang makfirat, yang hatinya dibuka Allah ( inilah sebabnya para wali memperbanyak dzikir ini ).

79. Maha Tinggi - Dia-lah Zat yang maha tinggi dari segala yang tingi. Al Muta’aliy - “Ya Muta’aliy” Seandainya kita akan menjumpai orang penting ( pejabat ) yang sukar ditemui, maka perbanyaklah dzikir ini sewaktu akan menghadap dan pada saat menghadap. Insya Allah dengan mudah kita menemuinya dan segala hajat penting – penting akan berhasil.

80. Maha Dermawan - Dia-lah Zat yang berbuat baik dengan segala kebaikan. Al Barr - “Ya Barr” Perbanyaklah membaca dzikir ini, insya Allah apa yang kita hajati akan terlaksana dengan mudah.

81. Maha Menerima Taubat - Dia-lah Zat yang menerima taubat hamba-Nya dan member nikmat kepada orang – orang yang berdosa setelah bertaubat. Al Tawwab - “Ya Tawwab” Bagi yang selalu berdosa dan ingin bertaubat, perbanyaklah dzikir ini supaya diberi petunjuk dan dimudahkan kembali ke jalan yang lurus.

82.   Maha Menghukum - Dia-lah Zat yang berhak membalas segala dosa dengan siksa. Al Muntaqim - “Ya Muntaqim” perbanyaklah dzikir ini sehabis shalat fardlu, Insya allah bila kita bertemu orang yang jahat kita tidak dizalimmi orang tersebut dan kita akan ditolong oleh Allah.

83. Maha Pemaaf - Dia-lah Zat yang banyak memberi maaf atas kesalahan – kesalahan manusia. Al ‘Afuww - “Ya ‘Afuww” Barang siapa yang memperbanyak membaca dzikir ini setiap siang dan malam, niscaya Allah akan mengampuni dosa – dosa kita.

84. Maha Pengasih - Dia-lah Zat yang sangat banyak member rahmat dan kasih sayang. Ar Rauf - “Ya Rauf” Perbanyaklah membaca dzikir ini baik siang maupun malam supaya kita disenangi orang – orang yang memandang kita.

85. Yang Mempunyai    Kerajaan - Dia-lah Zat yang memiliki semua kekuasaan dan berkuasa melakukan apa saja yang Dia miliki. Malikul Mulk - “Ya Malikul Mulk” Seorang direktur yang jabatannya tidak ingin diganggu gugat ( digantikan orang lain ), maka bacalah “Ya Malikul Mulk” 212 kali setiap selesai shalat fardlu dan setiap malam selama satu bulan..

86. Maha Memiliki   Kebesaran dan   Kemuliaan - Dia-lah Zat yang memiliki segala kemuliaan dan kesempurnaan. Dzul jalali wal ikram - “Ya Dzul jalali wal ikram” Amalkan dzikir ini sebanyak 65 kali setiap hari selama sebulan , maka segala hajat kita akan tercapai dengan pertolongan Allah.

87. Maha Adil - Dia-lah Zat yang sangat adil dalam member hukuman. Al Muqsith - “Ya Muqsith” Berdzikirlah “Ya Muqsith” sebanyak mungkin. Insya Allah, Allah akan menganugerahkan kita sifat adil.

88. Maha Pengumpul - Dia-lah Zat yang menghimpun segala hakikat. Al Jami’ - “Ya Jami” Sekiranya ada anggota keluarga kita yang lari dari rumah, maka amalkan dzikir ini setiap hari dengan niat semoga allah menyadarkan orang tersebut. Dengan izin Allah orang tersebut akan pulang.

89. Maha Kaya Raya - Dia-lah Zat yang maha kaya, yang tidak membutuhkan apapun dan kepada siapapun. Al Ghaniy - “Ya Ghaniy” Amalkan dzikir ini sebanyak mungkin setiap hari, insya Allah usaha kita akan meningkat sehingga kita lekas kaya dan kekayaan tersebut mendapat berkah.

90.  Maha Memakmurkan - Dia-lah Zat yang memberi kekayaan kepada setiap hamba-Nya. Al Mughniy - “Ya Mughniy” Mintalah harta yang bermanfaat di dunia dan di akhirat, dengan membaca dzikir ini setiap hari. Insya Allah segala hajat akan berhasil.

91.  Maha Mencegah/Pelarang - Dia-lah Zat yang menolak dan mencegah apa yang harus dicegah. Al Mani’ - “Ya Mani’ ” Bacalah dzikir ini sebanyak 161 kali sebelum shalat subuh setiap hari. Maka Allah akan menghindarkan kita dari orang – orang zalim yang suka membuat celaka.

92.  Maha Pendatang Bahaya - Dia-lah Zat yang merusak segala yang Dia kehendaki. Adh Dhar
- “Ya Dhar” Untuk menyembuhkan penyakit yang telah lama & telah puas diobati, maka amalkan dzikir ini sebanyak 1001 kali setiap hari, insya Allah penyakit tersebut cepat sembuh.

93. Maha Pemberi Manfaat - Dia-lah Zat yang member manfaat kepada hamba-Nya. An Naafi - “Ya Naafi” Barang siapa membaca dzikir ini setiap hari, maka bagi orang sakit akan sembuh dan bagi orang susah akan mudah.

94. Maha Bercahaya - Dia-lah Zat yang bercahaya dan yang menciptakan cahaya. An Nur - “Ya Nur” Bacalah dzikir ini setiap pagi dan sore, niscaya kita memperoleh kemuliaan dan memperoleh apa yang diinginkan baik di dunia maupun di akhirat.

95. Maha Pemberi Petunjuk - Dia-lah Zat yang member petunjuk bagi hamba – hamba-Nya yang Dia kehendaki. Al Hadiy - “Ya Hadiy” Apabila tersesat, maka bacalah “Ya Hadiy Ihdinii” atau membaca “Ya Hadiy” setiap pagi dan petang supaya terlepas dari kesesatan.

96. Maha Pencipta - Dia-lah Zat yang menciptakan segala sesuatu yang sebelumnya belum pernah ada dan yang tiada bandingannya. Al Badi’ - “Ya Badi’” Bacalah dzikir ini 500 kali sehabis shalat fardlu, Maka rencana atau rancangan penting yang telah kita siapkan akan berhasil. Atau 70 kali terus menerus membaca “Yaa Badi’ As Samaawaati Wal’ardhi” menjadikan kita terbebas dari kesulitan.

97. Maha Kekal - Dia-lah Zat yang kekal, tiada berakhir. Al Baqy - “Ya Baqy” Dzikirkan sebanyak mungkin, niscaya pekerjaan kita tidak mudah terlepas dan dagangan kita tidak akan merugi atau bangkrut. Atau 100 kali terus – menerus sebelum matahari terbit, Allah akan menghindarkan kita dari bencana seumur hidup dan diberi karunia di akhirat.

98. Maha Mewarisi - Dia-lah Zat yang tetap ada setelah musnanya segala sesuatu. Al Warits - “Ya Warits” Agar usaha dagang kita berhasil, maka bacalah dzikir ini setiap malam 707 kali. Dan apabila ingin segala urusan kita lancar maka bacalah dzikir ini 500 kali sehabis shalat fardlu.

99. Maha Pandai/Bijaksana - Dia-lah Zat yang maha pandai, yang benar segala susunan dan aturan – aturan yang ditetapkan-Nya. Ar Rasyd - “Ya Rasyid” Bacalah dzikir ini sebanyak mungkin, niscaya otak kita bertambah cerdas.

100. Maha Penyabar - Dia-lah Zat yang Maha sabar, tidak tergesa – gesa menurunkan siksa kepada hamba-Nya. Ash Shabur - “Ya Shabur” Agar kita diberi kesabaran, maka bacalah dzikir ini sebanyak mungkin. Dengan sifat sabar yang penuh pengharapan kepada Allah, maka segala urusan dan upaya akan tercapai.

Klik disini untuk mendownload file pdf Asma'ul Husna hasil rangkuman yang kami buat

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar: