a little story about this live,

a story about experiences,

the path of my story

13 November 2009

Makna Kekhusyukan

A'uudzu billaahi minasy syaithaanir rajiim.
Bismillahi rahmannirrahiim.

Wahai saudaraku taukah atau pernahkah merasakan nikmatnya khusuk ?
Dapatkah anda menghadirkan rasa khusyuk tersebut ?
Khusyuk.....
Khusyuk sendiri dapat diartikan bersungguh - sungguh. Baik dalam shalat maupun ibadah lainnya. Orang yang khusyuk dalam shalat akan diampuni dosa - dosanya yang telah lampau. Dikatakan pula bahwa Khusyuk adalah lelembutan, ketenangan, dan kerendahan hati. Jika hati ini memiliki rasa takut yang amat sangat hanya kepada Allah swt., niscaya seluruh anggota badan akan mnjadi khusyuk.

Ath-Thabrani meriwayatkan dalam Al-Kabir dari Abu Darda' secara marfu' :
"Perkara pertama yang diangkat dari umat ini adalah kekhusyukan, sehingga kalian tidak melihat diantara mereka orang yang khusyuk, dan perkara terakhir yang diambil dari umat ini adalah shalat."
Tidaklah heran apabila kita dalam menjalankan setiap amal ibadah, kita sulit sekali menghadirkan rasa khusyuk, khususnya pada waktu shalat. pikiran kita sering sekali terlontar kesana kemari tak tentu arah.

Ketahuilah bahwa sesungguhnya setan membisikkan sesuatu ke dalam pikiran manusia agar pikirannya keluar dari shalat. Biasanya kita akan tiba-tiba teringat akan suatu hal yang sebelum kita memasuki shalat kita tidak ingat sedikitpun. Setan menggoda kita dari depan dan dari belaakang, dari samping kiri dan samping kanan, setan berusaha keras untuk menyesatkan manusia dari jalan yang lurus. Maka berhati-hatilah kawan dari segala bisikan dan godaan setan.
...Muqsit...

1 komentar:

danti mengatakan...

jadi bgaimna agar bisa khusuk dan tidak mendengarkan bisikan syetan....

maksud sy tips2nya pak.....